'Media Informasi Umat Hindu Provinsi Banten

"SEVANA MANTRA" SEBAGAI WADAH PEMBINAAN UMAT HINDU


Dalam upaya melakukan pembinaan Umat Hindu, di wilayah pinggiran Banjar Tangerang dibentuk sebuah kegiatan yang bernama "Sevana Mantra". Kegiatan ini dibentuk dengan maksud dan tujuan agar dapat dijadikan sebagai media Umat Hindu, khususnya di daerah pinggiran untuk memperkuat sradha, bhakti, dan *spiritualitas*nya.

Berkaca dari Kerajaan Hindu Majapahit, yg akhirnya runtuh akibat digerogoti oleh para Misionaris berkedok pedagang dari wilayah pesisir/ pinggiran, maka perlu upaya konkreet untuk membuat pagar sradha yang kuat  bagi umat Hindu.

Sevana Mantra, yg secara harfiah bermakna pelayanan doa,dikemas dengan berbagai kegiatan yg bersifat penerapan, pemahaman & pendalaman ajaran Hindu secara benar berdasar Sastra Veda. Diawali dengan Puja Trisandya*dan *Kramaning Sembah,yg diiringi dengan Kidung Suci Jawa & Bali, dilanjutkan dengan Japa/ Kirtanam*dan dilengkapi dengan *Dharma Wacana*dan ditutup dengan *Sima Krama/ bermaaf2an. Kegiatan ini merupakan puncak akumulasi dari kurang / tidak adanya pembinaan umat secara kontinyu. Selama ini pembinaan keumatan hanya mengandalkan setiap pertemuan tempek & sembahyang Purnama Tilem, yg kondisinyapun belum maksimal (untuk saya katakan tidak ada).
Kegiatan ini sudah berjalan 4 tahun dengan metode pelaksanaanya dilakukan secara bergilir dari rumah ke rumah pada setiap hari Sabtu Malam Minggu, terkecuali pada hari Sabtu tersebut bertepatan dengan Rahinan Suci, kami tetap mengarahkan agar umat bersembahyang di Pura.

Japa/ Kirtanam dalam Sevana Mantra,merupakan disiplin spiritual yg didalamnya berisikan *Gayatri Puja, Ganesha Puja, Siva Puja*dan doa2: *penuntun hidup, permohonan kesehatan, keselamatan& kebahgiaan rumah tangga, memiliki harapan agar umat,khususnya di daerah pinggiran semakin mantab menjadi umat Hindu, sehingga tidak mudah dikonversi oleh keyakinan dengan iming2 apapun.

Mari kita maknai bahwa semua masalah di Hindu adalh tanggung jawab kita semua,tanpa harus menyalahkan siapa2, baik PHDI, Banjar maupun Diejen Hindu. Mari kita semua berbenah dengan semangat untuk memajukan Hindu, dan kita awali dari diri kita, dari yg terkecil dan dari saat ini. Semoga Hyang Widhi memberikan wara nugrahaNya.




Foto2 tsb diatas : Pelaksanaan Sevana Mantra pd hari Sabtu tgl 4 Maret yg dihadiri Pembimas Hindu Ketua Banjar Tangerang & Ketua Banjar Tigaraksa.

Sumber : Pak Surono
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
11 Maret 2017 pukul 17.52 × Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
Unknown
admin
11 Maret 2017 pukul 17.53 ×

Artikelnya sangat bermanfaat. MAMPIR juga ya ke www.ajhaib.com

Reply
avatar
Unknown
admin
11 Maret 2017 pukul 17.54 ×

Artikelnya sangat bermanfaat. MAMPIR juga ya ke http://wwww.ajhaib.com

Reply
avatar

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkunjung ke SINAR BANTEN , Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Umat Semua Dimanapun Berada .

www.hindubanten.com ConversionConversion EmoticonEmoticon