'Media Informasi Umat Hindu Provinsi Banten

Hakikat Hari Suci Nyepi dan Implementasi dalam Kehidupan


"Pada awalnya adalah kegelapan yang sangat pekat. Semua yang ada ini tidak terbatas dan tidak dapat dibedakan. Yang ada saat itu adalah kekosongan dan tanpa bentuk, Dengan tenaga panas yang sangat dahsyat terciptalah kesatuan yang kosong"
(Rgveda X.129.3)

Hari suci keagamaan selalu menempati posisi tersendiri dalam kehidupan manusia dan memiliki makna kesucian yang diorientasikan pada kesempurnaan dengan ajaran-ajaran kerohanian yang berasal dari wahyu Tuhan. Karena onentasi tersebut dimensi hari raya agama tersebut bersifat vertikal. Agama apapun mengajarkan satu kesunyataan yakni Kebenaran. Demikian halnya dengan agama Hindu yang memiliki hari raya keagamaan yang dikelompokkan berdasarkan sasih/bulan dan pawukon/wuku ke dalam dua kelompok besar, diantaranya adalah Nyepi, yang akan kita rayakan di bulan Maret tahun ini.

Manusia dalam perjalanannya dari rahim ibu sampai ke liang kubur senantiasa menghadapi dua macam pengalaman; keinginan untuk menghindari kesengsaraan dan mendapat kebahagiaan hari ini kita hadir dengan satu hasrat, satu keinginan yang sama, untuk mewujudkan niat bersama-sama melakukan puja kehadapan tuhan, bagi terciptanya kemajuan, kesejahteraan-kemakmuran dan kesatuan-persatuan serta kedamaian-perdamaian umat hindu sebagai warga bangsa indonesia.

Hari Suci Nyepi
Hari Nyepi merupakan tonggak kebangkitan kerohanian Hindu yang ditandai dengan Toleransi dan Kerukunan. Bermula dari persaingan dan pertikaian bangsa-bangsa di kawasan Asia (sekarang antara: Tibet, Asia Tengah, Persia, Sungai Sindhu, Afganistan, Pakistan, Kashmir, Iran, dan India Barat Laut) antara bangsa Saka (Scythia) - Pahlava (Parthta) - Yueh-ci (Cina) - Yavana (Yunani) - Malava (India). Mereka sangat berambisi saling menaklukkan satu sama lain sebagai musuh-musuhnya. Selama berabad-abad bangsa-bangsa tadi silih berganti saling menguasai wilayah lawan-lawannya (semacam penguasaan/ penjajahan) memperebutkan daerah yang sangat subur.

Namun sejak tahun 138-12 SM terjadi pergerakan humanisme, akulturasi, dan sinkretisme antara bangsa-bangsa yang tadinya bermusuhan dan berakhir pada peperangan menuju perdamaan. Akibat gerakan kemanusiaan membuat sikap politik bangsa-bangsa tadi berubah menjadi gerakan Lokasamgraha (dunia ini rumah kita, persaudaraan semesta, Torang samua basudara). Terdapat tokoh raja Kaniska I, II dan III (tidak semuanya berasal dari bangsa Saka tapi mereka mengadopsi perjuangan bangsa Saka) dalam percaturan politik yang meraih simpati rakyat dengan gerakan kesejahteraan dan kemanusiaan tadi. Salah satu yang terkenal kemudian adalah raja Kaniska I yang pada tahun 78 Masehi menetapkan tahun baru sebagai pencerahan bangsa-bangsa yang berdamai dengan memberikan penghargaan kepada bangsa Saka yang memelopori pergerakan tadi menjadi Tahun Baru Saka yang diperingati secara serentak oleh seluruh negeri. Tahun itu dikemudian hari menjadi tahun pencerahan dan dirayakan dengan khidmat melalui tapa - brata - samadhi.

Tujuan dilaksanakan upacara Hari Suci Nyepi

Dapat dilihat dan berbagai aspek-aspek sebagai berikut:
1. Aspek religius merupakan suatu proses penyucian Bhuwana Agung dan Bhuwana Alit (Makrokosmos dan mikrokosmos) untuk mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan lahir bathin (jagadhita dan moksa) terbina kehidupan yang berlandaskan Satyam (kebenaran), Siwam (kesucian), Sundaram (keharmonisan, keindahan).

2. Membiasakan diri untuk melakukan tapa, yoga, dan semadi bagi masing-masing pribadi umat, ini mengandung makna evaluasi perbuatan dalam setahun dan juga sebagai pengendalian diri.

3. Aspek sosial budaya merupakan wahana untuk integrasi umat, hal itu terlihat pada saat umat Hindu bersama-sama ngiring Pralingga Ida Bhatara dari awal yaitu dari pura masing-masing terus nyejer di Bale Agung atau Bale Pepelik Pura dan lanjut ngiring melasti (makiyir, melis, jalanidhi puja). Disini nampak kekompakan masyarakat ngiring bersama-sama.

Rangkaian Hari Raya Nyepi
Perayaan Hari suci Nyepi dan Tahun Baru Saka di daerah secara otonom dilaksanakan dari tingkat Provinsi sampai tingkat Desa dan perorangan di rumah masing-masing dengan rangkaian sebagai berikut:

1. Melasti/Makiyis/Melis/Jalanidhi Puja: adalah prosesi spiritual keagamaan sebagai upaya penyucian alam semesta dari segala kekotoran dan kejahatan akibat dari perputaran karma selama 1 tahun yang penuh dengan intrik, gejolak, nafsu, dan berbagai sisi negatif terhadap kemanusiaan. Penyucian ini tidak berhenti pada tataran alam semesta, tetapi juga pada diri setiap manusia Hindu, harus menyucikan diri dan lingkungannya. Pelaksanaan prosesi ini dilaksanakan sejak seminggu sebelum hari raya nyepi atau maksimal 2 hari sebelum Nyepi. Di dalam Lontar Sang Hyang Aji Swamandala disebutkan: angayutaken laraning jagat, paklesa letuhing bhuvana, yang terjemahannya: untuk melenyapkan penderitaan masyarakat dan kotoran dunia (alam), sedangkan di dalam lontar Sundarigama dinyataan: amet sarining amrtha kamandalu ritelenging samudra, yang terjemahannya: Untuk memperoleh air suci kehidupan di tengah-tengah lautan. Laut sebagai sumber amerta karena laut/segara dipercaya dan diyakini mampu melebur segala kekotoran yang diakibatkan oleh api nafsu manusia yang berupa tindakan kotor/jahat dan Iain-Iain.

2. Tawur Kesanga: adalah upacara Bhuta Yajna, artinya korban suci yang ditujukan kepada penguasa kekuatan yang memberi kemanfaatan bagi seisi alam raya ini berupa Caru. Caru adalah kata bahasa Sanskerta yang berarti mempercantik, menetralisir, memiliki makna spiritual somya yakni membuat semuanya menjadi harmonis. Tawur Kesanga dilaksanakan sehari sebelum Nyepi tepatnya pada bulan Mati/Tilem sasih Kesanga.

3. Nyepi-Brata Penyepian dilaksanakan dengan berpuasa dan berpantang/brata. Dimulai pagi hari jam 06.00. Di antara berbagai bentuk Tapa, Brata, Yoga, Samadi itu, Maunabrata (Monabrata) adalah yang tertinggi, tujuannya adalah amatitis kasunyatan, menuju keheningan sejati seperti pula disebutkan di dalam lontar Sundarigama secara tegas menyatakan: "................ Nyepi amatigni, tan wenang sajadma anyambut karya sakalwirnya, agnigni saparanya tan wenang, kalinganya wenang sang weruh ring tattwa angelaraken samadhi, tapa, yoga amatitis kasunyatan" - Hari Nyepi, tidak benar semua orang melakukan pekerjaan, berapi-api, karena mereka yang tabu hakekat agama melaksanakan samadhi, tapa, yoga memusatkan pikiran menuju kesunyataan/keheningan sejati". Brata Penyepian, dengan amati: gni, karya, lelungan, lelangunan, membuat hidup ini terintrospeKsi secara sadar atas apa dan siapa diri ini untuk menuju arah yang ditentukan oleh ajaran agama. Selama 1 hari penuh (24 jam) aktivitas diorientasikan guna memberikan pembaharuan (Reneweble) Bhuana Agung dan Bhuana Alit sehingga segenap potensinya kembali berfungsi secara maksimai.

4. Ngembak Gni: melakukan aktivitas kembali seperti semula atau membuka api kehidupan normal. Pada hari ini menjadi lembaran baru bagi kehidupan yang cerah penuh pencerahan rohani. Ngembak Gni mengisyaratkan kepada manusia yang "Multikultural" untuk bersatu padu, menghargai perbedaan sebagai kebenaran illahi, memaafkan adalah perbuatan mulia yang akan membuat hidup kita terasa lebih damai. Melayani mereka yang lemah, membantu mereka yang menderita adalah karma utama saat ini, karena sesungguhnya melayani semua mahluk dengan cinta kasih, dan kasih sayang adalah bentuk pemujaan kepada Tuhan (serve to all man kind is serve to the God).

Nyepi Dan Pengendalian Diri
Berdasarkan uraian di atas hari raya Nyepi yang datang setahun sekali yang merupakan identitas umat Hindu. Pada saat itu umat Hindu khususnya diajarkan untuk dapat melihat diri baik dan buruknya kerja yang dilakukan seseorang. Dalam Pustaka Suci disebutkan sebagai berikut: "Manusia lahir sendiri, sendiri juga ia akan mati, sendiri ia menikmati perbuatan yang baik, sendiri pula menikmati perbuatan yang buruk". (Manavadharmasatsra, IV. 240).

Mengacu pada isi sloka di atas yang mengandung makna, baik buruk kerja yang dilakukan oleh seseorang akan membentuk nilai pribadmnya. Weda menegaskan bahwa melalui kerja yaig baik (subhakarma) manusia akan dapat menolong dirinya sendiri dan samsara untuk mencapai kebahagiaan abadi yang bebas dan proses kelahiran kembali (moksa). Moksa merupakan moral-religius bagi umat Hindu untuk melaksanakan kerja yang baik (Subhakarma) dan menghindarkan perbuatan yang buruk (Asubhakarma) dalam kehidupan di dunia ini.

Pada ajaran suci ada juga menyebutkan untuk memahami makna di atas yang dianalisis dan mantram di bawah ini yaitu: "Hyang Widhi hanya menyayangi orang yang bekerja keras (Rgveda, IV, 33, 11). Mantram tersebut menyatakan bahwa Hyang Widhi menyayangi orang yang mau bekerja keras. Maka manusia yang ingin mendapatkan berkah dari Hyang Widhi Wasa harus bekerja keras sepanjang hidup ini.

Memaknai Hari Raya Nyepi sebagai Pengendalian Diri. Seperti telah dijelaskan diatas, hari raya Nyepi merupakan peristiwa peralihan tahun Isaka, pada saat itu masyarakat diharapkan merenung (mulat sarira) untuk melihat mana perbuatan baik dan mana yang buruk selama kurun waktu setahun. Menurut etika hari raya Nyepi hal tersebut teimplisit dalam catur Berata Penyepian adalah empat pedoman yang telah ditetapkan dan harus dilaksanakan oleh umat Hindu sebagai wujud pengendalian diri dan mawas diri.

Makna Penjelmaan
Menjelma sebagai manusia menurut ajaran Hindu adalah kesempatan yang paling dan sangat baik, karena hanya manusialah yang dapat menolong dirinya sendiri dengan jalan berbuat baik. Untuk berbuat baik dan benar nampaknya sangat sulit dilakukan oleh karena berbagai tantangan yang dihadapi oleh setiap orang. Tantangan mulai ketika bayi lahir dari kandungan ibunya. Demikian lahir langsung menangis karena la berhadapan dengan kejamnya alam, udara yang dingin atau kilauannya sinar matahari dan Iain-Iain. Bayi akan tumbuh menjadi manusia dewasa bila ia mampu menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Tantangan yang paling berat yang dihadapi oleh umat manusia adalah tantangan yang datang dalam dirinya sendiri, yakni sifat-sifat atau kecenderungan jahat yang merupakan sifat-sifat keraksasaan, kebalikan dari Daivisampad yang disebut Asurisampad (sifat-sifat Asura atau raksasa). Pertarungan antara sifat-sifat kedewataan dengan keraksasaaan inilah yang terus berlangsung dalam diri umat manusia yang sering mengejawantah dalam sikap dan prilaku sehan-hari. Pertarungan ini berlangsung terus tiada hentinya.

Siapa yang berhasil memenangkan pertarungan dengan berpihak pada kebajikan atau (Dharma) ialah yang sesungguhnya berhasil menegakkan Dharma. Hanya dengan berpihak kepada Dharma seseorang akan memperoleh keselamatan, kesejahtraan dan kebahagiaan lahir dan batin. Sebagai diamanatkan dalam terjemahan sloka Mahanarayana Upanisad XXI 1.1, berikut:

"Dharmo visvasya jagatah pratistha, loke dharmistham praja upasarpanti. Dharmena papam apanudanti dharme sarvam, pratistham tasmad dharmam paramam vadanti" - "Dharma adalah prinsip dasar dari segala sesuatu yang bergerak dan yang tidak bergerak di alam semesta ini. Seluruh dunia dan segenap umat manusia hendaknya selalu bergairah mengikuti ajaran Dharma. Yang mengikuti ajaran Dharma terbebas dari segala dosa. Segala sesuatunya akan berjalan mantap bila di jalan Dharma. Untuk itu patutlah Dharma itu disebut ajaran yang tertinggi".

"Dharma eva hato hanti dharmo raksati raksitah, tasmad dharmo na hantavyo mabo dharmo hato'vadhit" - "Dharma yang dilanggar menghancurkan pelanggarnya. Dharma yang dilaksanakan melindungi pelaksananya, oleh karena itu janganlah melanggar Dharma, sebab bagi yang melanggar Dharma akan menghancurkan dirinya sendiri" Manavadharmasastra VIII.15.

Intinya adalah: Sebagai manusia adalah Mahluk Utama, Kesempatan Langka, Perjuangan dari Manava Danava-Manava Madava.

Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari
Bagaimana kita dapat memenangkan Dharma dalam era globalisasi? Globalisasi adalah proses atau trend kemajuan dunia melalui llmu Pengetatuhan dan Teknologi dengan ditandai oleh derasnya arus informasi, terutama dari masyarakat maju menuju masyarakat yang sedang berkembang. Dalam era globalisasi ini seakan-akan tidak ada batas-batas antar negara atau bangsa-bangsa (Boderfess nations and states) di dunia ini. Kita maklumi bersama bahwa Globalisasi tidaklah selalu berpangaruh dan berdampak negatif, banyak hal-hal positif yang dapat dipetik dalam era globalisasi ini, namun demikian pengaruh dan dampak negatifnya nampaknya cenderung lebih deras terutama menyangkut segi-segi moral, etika dan spiritual yang bersumber pada nilai-nilai agama dan budaya bangsa.

Dalam Hindu, dinyatakan bahwa bila orientasi manusia hanya material dan kesenangan belaka, maka orang itu dinyatakan hanya memuaskan Kama (nafsu duniawi). Kama manusia tidak akan pernah merasa puas, walaupun usaha memuaskan itu dilakukan terus-menerus dengan berbagai pengorbanan. Memuaskan Kama dinyatakan sebagai menyiram api yang berkobar besar, tidak dengan air, melainkan dengan minyak tanah, maka api tersebut akan menghancurkan hidup manusia.

Di dalam kitab suci Bhagavadgita dinyatakan bahwa Kama, di samping juga Lobha dan Krodha adalah tiga pintu gerbang yang mengantarkan Atma (roh) menuju jurang neraka dan kehancuran. Untuk itu, Tuhan Yang Maha Esa mengajarkan agar umat manusia memilki kesadaran yang tinggi untuk menghindarkan diri dari ketiga belenggu tersebut, yaitu kita mesti kembali kepada ajaran agama. Peganglah ajaran agama sebaik-baiknya. Biasakanlah berbuat baik dan benar atau berdasarkan Dharma, yang di dalam kitab Taittiriya Upanisad I.1.11: Satyam vada Dharmacara svadhyaya ma pramadah - Berbicaralah jujur/benar, ikutilah ajaran Dharma, kembangkan keingan belajar dan memuja Tuhan Yang Maha Esa dan janganlah lalai/sampai lupa. Dalam Brahmanda Purana: Unarm artha kama moksa sanram sadhanam.

Manusia harus menyadari bahwa hanya ada satu Tuhan, walaupun nama dan ritualnya mungkin berbeda. Segala sesuatu di dunia mi merupakan perwujudan Brahman. Sarvam khalvidam Brahma - sesungguhnya semua ini adalah Brahman. Dan sesungguhnya segala yang kita lihat adalah wujud kosmis Brahman - Vishva virat svarupa.

Ishvara sarva Bhutanam - Brahman bersemayam dalam segala mahluk. Ishavasyam idam sarvam - seluruh alam semasta ini diliputi oleh Brahman. Jika hari ini kita melihat perbedaan antara saya-anda dan yang lainnya itu semata-mata adalah karena kita masih diliputi Avidya-kegelapan bhatin. Namun sesungguhnya kita adalah Vasudaiva Kutumbhakam - Seluruh umat manusia adalah satu dan bersaudara.

Ahimsayah Paro Dharma - Kebajikan tertinggi adalah tidak menyakiti siapapun. Tat Tvam Asi - Aku dan Engkau adalah Dia. Sathyam (Kebenaran) - Sivam (Kebajikan) - Sundaram (Keindahan), adalah sitat hakiki manusia yang sesungguhnya, kodratnya; sehingga bila manusia bertingkah laku menyimpang dari sifat dasarnya itu, maka la dikatakan membelakangi atau melawan kodratnya sendiri".

Karena manusia sesungguhnya mendambakan keharmonisan hidup, kebahagiaan, kesejahteraan, dan kedamaian. Kitab suci Arthasastra menyatakan bahwa: "dambaan manusia itu dijamin akan terwujud apabila telah terjadl hubungan harmonis antara empat faktor, yaitu: Ideologi, Agama, Pembangunan Politik, dan Keagamaan.

Memang bila kita berbicara atau hanya membaca ajaran agama, nampaknya segala sesuatunya gampang dilaksanakan, namun dalam prakteknya sungguh berat. Untuk itu hendaknya ada tekad atau pemaksanaan untuk berbuat baik. Pemaksaan diri untuk selalu berbuat baik disebut Pratipaksa. Untuk kebaikan, paksakanlah, lakukankan, korbankanlah, tekunilah dan doronglah supaya perbuatan benar dan baik itu menjadi identitas kehidupan ini. Identitas atau integritas seseorang dapat dilihat dari kualitas pikiran. ucapan dan tingkah laku seseorang. Secara sederhana dapat direalisasikan dengan 7 macam perbuatan yang disebut Dharma. Salah satunya seperti yang disebutkan dalam kitab Vrhaspatitattva, yaitu:

1. Sila, yakni senantiasa berbuat baik dan benar.
2. Yajna, yakni ikhlas berkorban. Yajna tidaklah hanya terbatas pada pengertian upakara dan upacara saja, melainkan mengembangkan kasih sayang dan keikhlasan.
3. Tapa, pengekangan dan pengendalian diri.
4. Dana, memberikan pertolongan atau bantuan kepada yang miskin dan yang memerlukan bantuan.
5. Prawrijya, berusaha menambah ilmu pengetahuan atau kerohanian (spiritual).
6. Diksa, penyucian diri; dan
7. Yoga, senantiasa menghubungkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Sumber : http://phdi.or.id/artikel/hakikat-hari-suci-nyepi-dan-implementasi-dalam-kehidupan
Previous
Next Post »

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkunjung ke SINAR BANTEN , Semoga Bisa Bermanfaat Untuk Umat Semua Dimanapun Berada .

www.hindubanten.com ConversionConversion EmoticonEmoticon